Senin, 19 Desember 2011

QUANTUM TEACHING IN ACTION

PERTANYAAN 1
APA ITU QUANTUM TEACHING?
·        Quantum adalah interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Terdapat bermacam-macam interaksi di dalam dan di luar kegiatan belajar. Interaksi tersebut untuk mengubah bakat menjadi cahaya yang bermanfaat bagi diri siswa dan orang lain.
·        Prinsip Quantum Teaching
-          Grand design pendidikan
-          Kurikulum
-          System evaluasi
-          Linngkungan sekolah
-          Kultur sekolah
-          Keyakinan guru
-          Motivasi siswa
-          Teknik mengajar
-          Dll

PERTANYAAN 2
BAGAIMANA CARA MEMOTIVASI SISWA
·        Jurus memotivasi : Pengaruhi pikiran bawah sadarnya
·        Cara mempengaruhi pikiran bawah sadar :
-          Bangun hubungan yang akrab dengan siswa
-          Perlakukan semua siswa sebagai siswa TOP
-          Berikan afirmasi positif yang persuasive
-          Ulangi afirmasi secara teratur
-          Lakukan afirmasi secara simultan (lisan, tertulis, tindakan)
·        Mengapa afirmasi penting?


·         











   Contoh Afirmasi :
-          Kamu berbakat
-          Kamu memang rajin
-          Bahasamu baik
-          Kelas ini adalah kelas yang tertib
-          Belajar memang menyenangkan

PERTANYAAN 3
BAGAIMANA MENGATUR LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MEMICU MINAT BELAJAR DAN MENGAJAR (DIRINDUKAN GURU & SISWA)

·        Setiap sudut bangunan di sekolah berbicara.
-        Siswa adalah tamu untuk acara penting, yaitu belajar
-  Kelas yang tidak terawat mengirim kesan “belajar itu melelahkan, kuno, dan membosankan”
-  Kelas yang terawat mengirim kesan “belajar itu segar, penuh semangat, dan menyenangkan”
·        Maksimalkan potensi panca indra
-          Gunakan poster icon (wujudkan konsep dalam gambar)
-          Gunakan poster afirmasi
-          Gunakan warna
Otak berfikir dalam warna
Warna : hijau, biru, ungu, merah untuk kata-kata penting
Warna jingga, kuning, untuk garis bawah
-          Atur bangku secara dinamis (tidak hanya selalu menghadap depan)
-          Aroma
-          Music

PERTANYAAN 4
BAGAIMANA MEMAKSIMALKAN POTENSI GAYA BELAJAR DAN TIPE KECERDASAN SISWA YANG BERAGAM?
·                       VISUAL
-          Gunakan tulisan berwarna
-          Minta siswa untuk menggambar
-          Bagikan kata-kata kunci, sisakan ruang kosong untuk catatan
-          Beri warna pada peralatan
·         
     AUDITORIAL
-          Gunakan variasi suara
-          Urutkan soal ujian sesuai urutan pembelajaran
-          Minta siswa untuk mengulangi ucapan guru
-          Minta siswa untuk menceritakan ulang
-          Nyanyikan konsep kunci      


     KINESTETIK
-          Gunakan alat bantu
-          Lakukan simulasi sehingga siswa bisa bergerak
-          Ketika membimbing duduklah di samping mereka (bukan di depan)
-          Bicaralah secara individu
-          Peragakan konsep
-          Ceritakan pengalaman pribadi (tapi jangan di ulang-ulang)

PERTANYAAN 5
BAGAIMANA MERENCANAKAN PEMBELAJARAN UNTUK SISWA DENGAN GAYA BELAJAR & TIPE KECERDASAN YANG BERAGAM?
·        Tarik minat siswa
-          Ciptakan hubungan yang akrab
-          Kaitkan topic dengan kehidupan siswa saat ini
-          Awali pelajaran dengan pertanyaan, cerita, video yang memikat
-          Jangan terlalu eksplisit pada bagian awal pelajaran
·        Buat siswa mengalami
-          Minta siswa untuk melakukan simulasi, permainan, roleplay
-          Berikan tugas kelompok untuk melakukan riset dan eksplorasi
-          Berikan tugas kelompok untuk memecahkan masalah
·        Berikan penjelasan dan konsfirmasi
-          Berikan penjelasan
-          Demonstrasikan penjelasan
-          Berikan ilustrasi
-          Gunakan bahasa yang sederhana
·        Berikan kesempatan siswa menunjukkan apa yang mereka bisa lakukan
-          Pemecahan soal
-          Permainan
-          Grafik
-          Lagu
-          Sandiwara
-          Akui setiap usaha
·        Berikan kesempatan mengulangi apa yang mereka sudah bisa
-          Dilakukan dengan multimodalitas
-          Check list
-          Menceritakan ulang
·        Rayakan keberhasilan sekecil apapun
-          Tepuk tangan
-          Kejutan
-          Pengakuan kehebatan

[Materi seminar “Quantum Teaching In Action” di LPMP semarang. Minggu, 04 Desember 2011]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar