Senin, 26 Desember 2011

MATEMATIKA ITU SEDERHANA

Banyak cara membuat matematika menjadi pelajaran yang mudah dan menyenangkan, dari yang tradisional menggunakan batang lidi, sampai yang mutakhir ala Glenn Doman. Kuncinya adalah kreativitas.

Glenn Doman

Khusus anak balita, mereka memerlukan system pembelajaran, metode, dan sarana yang tepat supaya bisa merasa senang dan mudah saat mempelajari matematika.
Berangkat dari fungsi otak yang memiliki kemampuan menyerap informasi yang luar biasa pada seorang anak, Dr Glenn Doman menunjukkan betapa mudahnya mengajarkan matematika ke anak balita dan menjadikan proses belajar tersebut menyenangkan.
Menurut Irene F Mongkar, seorang praktisi metode Glenn Doman, pada masa tiga tahun pertama, otak balita mengalami perkembangan yang sangat pesat. Akibatnya, stimulasi yang diberikan pada masa ini akan merangsang kecerdasannya.
Pertanyaannya, bagaimana metode ini mampu membuat pelajaran matematika menjadi begitu menarik dan menyenangkan buat anak-anak Anda?

Tahap Pertama : Perkenalkan Jumlah
Perlihatkan kepada anak, kartu-kartu putih berukuran 28 x 28 cm dengan gambar dot (lingkaran berukuran 2 cm) berwarna merah, mulai dari kartu berjumlah dot 1 – 100.
Untuk memperkenalkan jumlah, cukup dengan memberi 5 kartu, dengan sangat cepat (2 kartu untuk satu detik) dan di ulang sebanyak 3 kali sehari.

Tahap Kedua : perkenalkan Persamaan.
Kembali kita menunjukkan kartu-kartu dot, misalnya dot berjumlah 5, 7, dan 12. Tunjukkan kartu tersebut dengan mengatakan “lima ditambah tujuh sama dengan dua belas”.
Berikan tiga persamaan dalam setiap pengajaran, dan sehari berikan 3 kali pengajaran. Harus dicatat, setiap persamaan tidak di ulang lagi.


Tahap Ketiga : Pemecahan Masalah
Siapkan kartu dot berjumlah  4, 7, 11, 16. Lalu, tunjukkan kartu tersebut dengan mengatakan “Empat ditambah tujuh sama dengan 11 atau 16?”.
Biarkan si anak memilih, dan berikan dia cukup waktu berfikir dan menunjukkan jawabannya. Berikan anak balita kesempatan untuk menggunakan kemampuannya.

Tahap Keempat : Pengenalan Angka
Pengenalan ini prinnsipnya seperti pada tahap pertama. Adapun pada tahap kelima, perkenalkan persamaan dengan angka yang ditulis dalam karton panjang berukuran 10 x 50 cm, dengan berbagai jenis persamaan, misalnya 7 + 1 + 11 – 5 + 2 – 4.
Dengan cara yang sederhana, waktu yang singkat, sikap gembira dan menyenangkan, kita dapat mengenalkan matematika kepada anak balita. Dengan begitu, anak balita akan mulai menyenangi matematika.


Sumber : Kompas.com [21 Oktober 2009]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar