PERTANYAAN 1
APA ITU QUANTUM TEACHING?
· Quantum adalah interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Terdapat bermacam-macam interaksi di dalam dan di luar kegiatan belajar. Interaksi tersebut untuk mengubah bakat menjadi cahaya yang bermanfaat bagi diri siswa dan orang lain.
· Prinsip Quantum Teaching
- Grand design pendidikan
- Kurikulum
- System evaluasi
- Linngkungan sekolah
- Kultur sekolah
- Keyakinan guru
- Motivasi siswa
- Teknik mengajar
- Dll
PERTANYAAN 2
BAGAIMANA CARA MEMOTIVASI SISWA
· Jurus memotivasi : Pengaruhi pikiran bawah sadarnya
· Cara mempengaruhi pikiran bawah sadar :
- Bangun hubungan yang akrab dengan siswa
- Perlakukan semua siswa sebagai siswa TOP
- Berikan afirmasi positif yang persuasive
- Ulangi afirmasi secara teratur
- Lakukan afirmasi secara simultan (lisan, tertulis, tindakan)
· Mengapa afirmasi penting?
·
Contoh Afirmasi :
- Kamu berbakat
- Kamu memang rajin
- Bahasamu baik
- Kelas ini adalah kelas yang tertib
- Belajar memang menyenangkan
PERTANYAAN 3
BAGAIMANA MENGATUR LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MEMICU MINAT BELAJAR DAN MENGAJAR (DIRINDUKAN GURU & SISWA)
· Setiap sudut bangunan di sekolah berbicara.
- Siswa adalah tamu untuk acara penting, yaitu belajar
- Kelas yang tidak terawat mengirim kesan “belajar itu melelahkan, kuno, dan membosankan”
- Kelas yang terawat mengirim kesan “belajar itu segar, penuh semangat, dan menyenangkan”
· Maksimalkan potensi panca indra
- Gunakan poster icon (wujudkan konsep dalam gambar)
- Gunakan poster afirmasi
- Gunakan warna
Otak berfikir dalam warna
Warna : hijau, biru, ungu, merah untuk kata-kata penting
Warna jingga, kuning, untuk garis bawah
- Atur bangku secara dinamis (tidak hanya selalu menghadap depan)
- Aroma
- Music
PERTANYAAN 4
BAGAIMANA MEMAKSIMALKAN POTENSI GAYA BELAJAR DAN TIPE KECERDASAN SISWA YANG BERAGAM?
· VISUAL
- Gunakan tulisan berwarna
- Minta siswa untuk menggambar
- Bagikan kata-kata kunci, sisakan ruang kosong untuk catatan
- Beri warna pada peralatan
- Gunakan variasi suara
- Urutkan soal ujian sesuai urutan pembelajaran
- Minta siswa untuk mengulangi ucapan guru
- Minta siswa untuk menceritakan ulang
- Nyanyikan konsep kunci
- Gunakan alat bantu
- Lakukan simulasi sehingga siswa bisa bergerak
- Ketika membimbing duduklah di samping mereka (bukan di depan)
- Bicaralah secara individu
- Peragakan konsep
- Ceritakan pengalaman pribadi (tapi jangan di ulang-ulang)
PERTANYAAN 5
BAGAIMANA MERENCANAKAN PEMBELAJARAN UNTUK SISWA DENGAN GAYA BELAJAR & TIPE KECERDASAN YANG BERAGAM?
· Tarik minat siswa
- Ciptakan hubungan yang akrab
- Kaitkan topic dengan kehidupan siswa saat ini
- Awali pelajaran dengan pertanyaan, cerita, video yang memikat
- Jangan terlalu eksplisit pada bagian awal pelajaran
· Buat siswa mengalami
- Minta siswa untuk melakukan simulasi, permainan, roleplay
- Berikan tugas kelompok untuk melakukan riset dan eksplorasi
- Berikan tugas kelompok untuk memecahkan masalah
· Berikan penjelasan dan konsfirmasi
- Berikan penjelasan
- Demonstrasikan penjelasan
- Berikan ilustrasi
- Gunakan bahasa yang sederhana
· Berikan kesempatan siswa menunjukkan apa yang mereka bisa lakukan
- Pemecahan soal
- Permainan
- Grafik
- Lagu
- Sandiwara
- Akui setiap usaha
· Berikan kesempatan mengulangi apa yang mereka sudah bisa
- Dilakukan dengan multimodalitas
- Check list
- Menceritakan ulang
· Rayakan keberhasilan sekecil apapun
- Tepuk tangan
- Kejutan
- Pengakuan kehebatan
[Materi seminar “Quantum Teaching In Action” di LPMP semarang. Minggu, 04 Desember 2011]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar